in

Memahami Cara Membeli Saham Syariah dan Hukumnya Secara Benar

Saham Syariah

Hi-codding.net – Produk serta layanan keuangan berbasis syariah semangkin hari terus berkembang. Jika dahulu hanya bank yang menggunakan prinsip syariah pada pengolahannya, namun sekarang syariah telah memasuki pasar modal. Dengan adanya saham syariah pasti dapat menjadi pilihan untuk yang mau berinvestasi nau takut akan riba pada saham konvensional.

Cara invesasi menggunakan aset syariah bisa dikatakan sama dengan aset pada umumnya, namun pebedaanya terletak pada kreterianya. Aset ini sendiri berasal dari perusahaa-perusahaan yang hanya menjual produk halal sebagai bahan dagangannya. Untuk kamu yang ingin mengetahui tentang saham syariaah, berikut ini saya akan membahas dan cara untuk membelinya.

Apa Yang Dimaksud Dengan Saham Syariah

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang saham syaariah, ada baiknya kamu memahami terlebih dahulu apa itu saham syariah, Secara kasat mata, saham ini dapat di artikan sebagai sahan yang sangat bertentangan dengan prinsip di pasar modal. Pada investasi ini menggunakan sistem yang namanya syirkah, yang di mana modalnya di fokuskan pada kesempatan serta tanggung jawab bersama oleh kedua piak.

Investasi saham dijalankan dengan sedemikian upda dengan menjunjung prinsip-prinsip syariah. Sangat berbeda dengan saham pada umumnya yang sering kali tidak memiliki batasan khusus sehingga memiliki potensi riba pada setiap transaksinya. Karena riba sendiri sangat tidak di perbolehkan pada islam, hal ini lah yang menjadi pembeda antara saham syariah dengan konvensional.

Kriteria Apa Saja Yang Ada Pada Saham Syariah

Untuk saham yang dapat di golongkan kepada saham syariah, Pastinya akan mempunyai kriteria khusu yang harus terpenuhi. Kriteria ini sendiri sudah di atur oleh Otoritas Jasa Keuangan atau biasa di sebut OJK pada peraturan nomor 35/POJK.04/2017. Berikut ini adalah kriteria yang harus terpenuhi untuk menjadikanya sesuai.

1. Perdagangan Yang Tidak Bertentangan Dengan Prinsip Syariah

Suatu saham yang berunsur syariah Segala sesuatu yang berasal dari perusahaanya yang sebisa mungkin terjauh dari riba. Adapun usaha yang tidak sesuai dengan prinsip syariah seperti judi, menjual barang haram, serta transaksi berdifat suap.

2. Harus tepenuhi ketetuan rasio keuangan khusus

Suatu aset dapat di sebut sebagai saham syariiah jika sudah memnuhi ketentuan rasio keuangan yang telah di tetapkan. Rasio keuangan tersebut mencakup jumlah bunga utang yang kurang dari atau sama dari 45% dari total aset.Dengan pendapatan buga dan pendapatan tidak halal kurang dari atau sama dengan 10% dari total pendapatan.

Cara Membeli Saham Syariah

Untuk para pemula di duni investasi saham konvensional maupun syariah, tentu masih binggung harus memulai dari mana. Kamu tidak perlu khawatir, investasi terbilang mudah untuk diikuti. Kamu dapat mengikuti langkah berikut untuk membeli saham tesebut.

1. Pilih berusahaan Saham Syariah Yang Menggunakan Online Trading Sistem (SOTS)

Langkah awal yang harus kamu lakukan adalah memilih perusahaan yang menggunakan Syariah Online Trading System. Perusahaan yang menggunakan SOTS ini menandakan perusahaan tersebut telah memenuhi prinsip-prinsip syariah pada pasar modal. Dengan beritu, saham pada perusahaan sudah terjamin sesuai dengan syariat Islam.

SOTS sendiri mempunyai beberapa fitur, hanya dapat bertransaksi dengan menggunakan saham syariah. Transaksi di lakukan dengan cara tunak untuk mendatangi transaksi margin, tidak dapat menjual saham yang belum di miliki, serta adanya pemisah laporan antara kepemilikan saham dengan kepemilikan uang.

2. Membuka Rekening Efek Syariah

Salah satu langkah terpenting adalah jangan lupa untuk membuka rekening efek syariah. Untuk membuka rekening tersebut kamu perlu mengisi formulir yang telah di sediakan oleh perusahaan efek. Kamu dapat melampirkan berkas penting seperti KTP, halam depan buku tabungan, serta NPWP. Langkah ini sama dengan pada saat pembukaan rekening efek konvensional

3. Pastikan kamu sudah terdaftar sebagai investor

Jika kamu sudah membuka rekening syariah, terlebih dahulu pastikan sudah terkonfirmasi sebagai investor. Bukti bahwa kamu sudah terkofirmasi adalah memperoleh nomor rekening efek, nomor rekening dana nasabah syariah, username, password, trading pin, sdan aplikasi SOTS.

4. Lakukan Pengisian Modal Awal

Sesudah terkonfirmasi sebagai investor, saatnya kamu melakukan pengisian modal awal yang nantinya akan di pakai sebagai dana awal onvestasi. Mengenai seberapa besar dana awal tersebut dapat di sesuaikan dengan deposit yang telah di tentukan oleh perusahaan efek syariah yang kamu pilih.

Itulah pembahasan singkat mengenai saham syariah dan cara membelinya, yang dapat kamu jadikan sebagai aset investasi. Saham syariah merupakan pilihan yang cocok untuk kamu yang ingin berinfestasi, namun selama ini bermasalah dengan hukum riba di saham konvensional.

Belajar Trading

Belajar Trading Saham Mengenal IRR dan Fungsinya

membeli saham

Beginilah Cara Membeli Saham Dengan Menggunakan ARO